} h3.post-title { text-align: center; } .post-title {text-align:center;} -->

Pengenalan Singkat

نبذة مختصرة تعريفية بفضيلة الشيخ محمد بن علي بن حزام  الفضلي البعداني 

Pengenalan Singkat

Ini adalah pengenalan singkat tentang Fadhilatus Sheikh Muhammad bin Ali bin Hizam Al-Fadhly Al-Ba'dany.

هو فضيلة الشيخ الفقيه  أبو عبد الله: محمد بن علي بن حزام بن أحمد بن سعيد البعداني الفضلي.

Dia adalah Fadhilatus Sheikh dan ahli fikih yang dikenal dengan nama Abu Abdillah. Nama lengkapnya adalah Muhammad bin Ali bin Hizam bin Ahmad bin Said Al-Ba'dany Al-Fadhly.

كانت ولادته في اليوم الثاني والعشرين (٢٢) من شهر ربيع الآخر (٤)، من عام ألف وأربعمائة (١٤٠٠هـ)، في مدينة  الرياض عاصمة  المملكة العربية السعودية؛ حيث كان والده مقيمًا هنالك للعمل، ثم رجع بأسرته إلى اليمن، بعد سنتين من ولادته، ومكثت الأسرة،  في بعدان بضعة أشهر، ثم انتقل بهم أبوهم إلى مدينة (إب)، وسكنها.

Dia lahir pada tanggal dua puluh dua (22) bulan Rabiul Akhir (4), pada tahun seribu empat ratus (1400 H) di ibukota Kerajaan Arab Saudi, Riyadh. Ayahnya bekerja di sana pada saat itu dan kemudian kembali ke Yaman bersama keluarganya dua tahun setelah kelahirannya. Keluarga tersebut tinggal di Ba'dan selama beberapa bulan, kemudian ayah mereka pindah ke kota Ibb dan menetap di sana.

وقد نشأ الشيخ حفظه الله في أسرة محافظة على فرائض الله وعلى السنة.

Sheikh, semoga Allah melindunginya, dibesarkan dalam keluarga yang menjaga ketaatan pada Allah dan Sunnah.

ثم يسَّر الله للشيخ التعرف على الإمام المحدث فضيلة الشيخ مقبل بن هادي الوادعي، رحمه الله، وهو آنذاك في الخامسة عشرة من عمره غفر الله له.

Kemudian ketika Sheikh berusia lima belas tahun, Allah memudahkan jalan bagi Sheikh untuk bertemu dengan Imam, ulama hadis, Fadhilatus Sheikh Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i, semoga Allah merahmatinya.

هذا وقد كنا زرنا مع والدنا  فضيلة الشيخ الإمام مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله تعالى مدينة إب دعوةً إلى الله  في عام (١٤١٤) من الهجرة النبوية،   وألقى شيخنا مقبل الوادعي  رحمه الله تعالى  محاضرة في (مسجد النور) في (مدينة إب) من بلاد (اليمن) وكان الشيخ محمد بن حزام فيمن حضر تلك المحاضرة فتأثر الشيخ محمد بتلك المحاضرة وبشخصية الإمام الوادعي رحمه الله تعالى،  فكان ذلك من الأسباب التي  شجعت الشيخ محمدا على الرحلة لطلب العلم في دار الحديث بدماج، دار الإمام مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله.

Pada waktu itu, kami mengunjungi bersama ayah kami, Fadhilatush Sheikh Muqbil bin Hadi al-Wadi'i (semoga Allah merahmatinya), untuk sebuah dakwah kepada Allah di kota Ibb, pada tahun 1414 Hijriyah. Sheikh Muqbil al-Wadi'i memberikan ceramah di Masjid an-Nur di kota Ibb, Yaman, dan Sheikh Muhammad bin Hizam hadir dalam ceramah tersebut. Sheikh Muhammad sangat terkesan dengan ceramah tersebut dan dengan kepribadian Sheikh al-Wadi'i, dan itu menjadi salah satu faktor yang mendorong Sheikh Muhammad untuk melakukan perjalanan untuk menuntut ilmu di Darul Hadith di Dammaj, tempat tinggal Imam Muqbil bin Hadi al-Wadi'i (semoga Allah merahmatinya).

تلقى الشيخ العلوم النافعة في دار الحديث بدماج، حيث أقام فيها ثمانية عشر عامًا حيث ارتحل ووصل إليها في ليلة الجمعة الموافق (٢٩) من شهر صفر، من عام (١٤١٨) ومكث فيها إلى العام الذي أخرجوا فيه من دار الحديث ظلما وعدوانا في يوم الأربعاء الموافق (١٤) من ربيع الأول من عام (١٤٣٥)، عامل الله من أخرجهم من دار الحديث بدماج مظلومين بعدله، وهو أحكم الحاكمين.

Sheikh menerima ilmu yang bermanfaat di Darul Hadith di Dammaj, tempat ia tinggal selama delapan belas tahun. Dia tiba di sana pada malam Jumat tanggal 29 Safar tahun 1418 H dan tinggal di sana hingga tahun di mana mereka keluar dari Darul Hadith secara zalim dan agresif pada hari Rabu tanggal 14 Rabiul Awal tahun 1435 H. Semoga Allah memperlakukan mereka yang mengeluarkannya dari Darul Hadith di Dammaj sebagai orang-orang yang tertindas dan dihakimi dengan adil oleh-Nya, Dia adalah hakim yang paling adil.

وقد استفاد الشيخ محمد بن حزام حفظه اللّــــه من الإمام مقبل الوادعي رحمه الله علومًا نافعة، وأخلاقًا فاضلة، وتربية على السنة والعقيدة الصحيحة والتميز من أهل البدع، وعدم مخالطتهم؛ وملازمة منهج السلف، فتأثر الشيخ بطريقة الشيخ مقبل بن هادي الوادعي، وسار على مثل سيره رحمه الله، على طريقة السلف الصالح رضوان الله عليهم.

Sheikh Muhammad bin Hizam (semoga Allah menjaganya) mendapatkan manfaat dari Al-Imam Sheikh Muqbil bin Hadi al-Wadi'i (semoga Allah merahmatinya) dalam ilmu-ilmu yang bermanfaat, akhlak yang mulia, dan dididik dengan pemahaman Sunnah yang benar dan membedakan antara Ahlul Bid'ah dan tidak bergaul dengan mereka; serta tetap berpegang teguh pada manhaj Salaf. Sheikh Muhammad terpengaruh oleh cara Sheikh Muqbil bin Hadi al-Wadi'i dan mengikuti jejaknya, mengikuti cara Salafus Shalih rahimahumullah.

تلقى الشيخ العلوم النافعة، عن الشيخ مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله في علم الحديث والفقه والعقيدة، وأخذ بعض الدروس عن بعض طلاب الشيخ رحمه الله.

Sheikh menerima manfaat dari Sheikh Muqbil bin Hadi al-Wadi'i (semoga Allah merahmatinya) dalam ilmu-ilmu hadis, fiqh, dan aqidah, dan mengambil beberapa pelajaran dari beberapa murid Sheikh Muqbil bin Hadi al-Wadi'i (semoga Allah merahmatinya).

وقد ذكره الشيخ مقبل بن هادي الوادعي رحمه الله تعالى في ترجمته المسماه ( ترجمة أبي عبد الرحمن مقبل بن هادي الوادعي ) التي كتبها بقلمه رحمه الله حيث قال في ص ٥٧ :

Disebutkan oleh Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi'i rahimahullah dalam biografinya yang berjudul "Biografi Abu Abdurrahman Muqbil bin Hadi al-Wadi'i" yang ditulis oleh beliau sendiri, beliau berkata di halaman 57:

٣٢٦- محمد بن علي بن حزام البعداني:  يحفظ القرآن و" بلوغ المرام " و" عمدة الاحكام" و" رياض الصالحين" و" صحيح مسلم".

326 - Muhammad bin Ali bin Hizam al-Ba'dany: Hafal Quran, "Bulugh al-Maram", "Umdatul Ahkam", "Riyadhus Shalihin", dan "Shahih Muslim". 

هذا وقد كان الشيخ قد أكمل حفظ القرآن في عام (١٤١٧) وقبل ذلك كان قد حفظ عمدة الأحكام، والرحبية في الفرائض، ومنظومة العمريطي في أصول الفقه.


Syaikh telah menyelesaikan hafalan Al-Quran pada tahun 1417 Hijriyah dan sebelum itu beliau telah hafal "Umdatul Ahkam", "Al-Rahbiyah fi al-Faraid", dan "Manzhumah al-'Imriti fi Ushul al-Fiqh".

ثم حفظ الشيخ في حال إقامته بدماج بلوغ المرام، ثم رياض الصالحين، وكتاب التوحيد، ثم صحيح مسلم، ثم ألفية العراقي في مصطلح الحديث، ثم ألفية ابن مالك في النحو، ثم الصحيح المسند من أسباب النزول، ثم الصحيح المسند مما ليس في الصحيحين، ثم أفراد صحيح البخاري عن مسلم.

Setelah itu, Syaikh dalam masa tinggalnya di Damaj, telah menghafal kitab "Bulugh al-Maram", kemudian "Riyadhus Shalihin", "Kitab Tawhid", "Shahih Muslim", "Alfiyah al-'Iraqi" dalam ilmu hadis, "Alfiyah Ibnu Malik" dalam ilmu nahwu, "Al-Sahih Al-Musnad min Asbab al-Nuzul", "Al-Sahih Al-Musnad mimma laysa fi al-Sahihain", dan kemudian mempelajari hadits-hadits shahih Bukhari secara terpisah dari Shahih Muslim.

ثم صار الشيخ يتعاون في دار الحديث بدماج في الدروس الخاصة قبل موت فضيلة الشيخ الوادعي، وبعده.

Kemudian, Syaikh bergabung dalam mengajar di Darul Hadits di Damaj dalam kelas-kelas khusus sebelum wafatnya Syaikh al-Wadi'i, kemudian setelahnya.

فقد فتح الدروس المختلفة في العقيدة والتوحيد والمصطلح والفقه وأصوله.

Syaikh membuka kelas-kelas yang berbeda dalam aqidah, tauhid, terminologi (musthalahul), fiqh, dan usulnya.

فدرَّس في تلك الدار المباركة في كتاب التوحيد، وشرح الواسطية، وشرح الطحاوية لابن أبي العز، وفتح المجيد، وفتح العلام في شرح بلوغ المرام، وشرح منظومة العمريطي وشرح المذكرة للشنقيطي، وشرح اختصار علوم الحديث لابن كثير، وشرح نزهة النظر للحافظ ابن حجر، والتقييد والإيضاح للعراقي، وضوابط الجرح والتعديل، وشرح المختار من أحاديث سيد الأبرار في المعتقد الصحيح.

Syaikh juga mengajar di Darul Hadits tersebut dalam kitab-kitab seperti "Kitab Tawhid", penjelasan atas kitab "Al-Wasithiyah", penjelasan atas kitab "At-Tahawiyyah" karya Ibnu Abi al-'Izz, "Fathul Majeed", "Fathul 'Alam" dalam penjelasan atas kitab "Bulugh al-Maram", penjelasan atas kitab "Munyatul Murid" karya Al-'Amiriyyah, penjelasan atas kitab "Al-Mudhakkirah" karya Asy-Syinqithi, penjelasan atas kitab "Iktisar 'Ulumul Hadits" karya Ibnu Kathir, penjelasan atas kitab "Nuzhatun Nazar" karya Al-Hafizh Ibnu Hajar, "At-Taqyid wal Izhah" karya Al-'Iraqi, "Dhuwabid al-Jarh wat-Ta'dil", dan penjelasan atas kitab "Al-Mukhtasar min Ahadits Sayyid al-Abrar fi al-Mu'taqad ash-Shahih".

وقد أخذ عنه جملة كبيرة من طلاب العلم؛ من جنسيات  مختلفه حتى بلغ طلابه بالآلاف.

Banyak sekali murid-murid dari berbagai negara yang belajar dari Syaikh, bahkan jumlah muridnya mencapai ribuan.

وله مؤلفات نفيسة ، نفع الله بها خلقا كثيرا في مشارق الأرض ومغاربها. 

Syaikh juga memiliki karya-karya yang sangat berharga yang telah memberikan manfaat kepada banyak orang di seluruh dunia. Semoga Allah memberikan manfaat dengan karyanya kepada banyak orang di timur dan barat.

فقد يسر الله للشيخ تأليف كتب ومصنفات نافعة، من أشهرها فتح العلام بدراسة أحاديث بلوغ المرام، والتوضيح المفيد على كتاب فتح المجيد، والتيسيرات الفقهية في شرح الدرر البهية، والمختار من أحاديث سيد الأبرار في المعتقد الصحيح،  وتحقيق المغني لابن قدامة بمشاركة بعض طلابه، وإتحاف الأنام بأحكام ومسائل الصيام، والفوائد والتوضيحات بشرح منظومة العمريطي تسهيل الطرقات، وتبصير البادئين بمصطلحات المحدثين، وفتح المنان فيما صح من منسوخ القرآن، وروضة البادئين بأحاديث سيد المرسلين، والفوائد البهية بشرح لامية شيخ الإسلام ابن تيمية.

Allah telah memberi kemudahan bagi Syekh untuk menulis beberapa buku yang sangat bermanfaat, di antaranya adalah "Fathul 'Alam" dalam pembahasan hadits-hadits dari kitab "Bulughul Maram", "At-Tauzih Al-Mufid" dalam penjelasan kitab "Fathul Majid", "At-Taysirat Al-Fiqhiyyah" dalam penjelasan kitab "Ad-Durar Al-Bahiyyah", "Al-Mukhtaar Min Ahadits Sayyid Al-Abrar Fi Al-Mu'taqad Ash-Shahih", "Tahqiq Al-Mughni" karya Ibnu Qudamah yang ditulis bersama beberapa muridnya, "Ithaf Al-Anam bi Ahkam wa Masail As-Siyam", "Al-Fawaid wa At-Tawdhihat fi Syarh Munyatul Murid", "Tabshir Al-Badi'in bi Mustalahat Al-Muhaddisin", "Fathul Manan fi Ma Sahih Min Mansukh Al-Quran", "Rawdhatul Badi'in bi Ahadits Sayyid Al-Mursalin", dan "Al-Fawaid Al-Bahiyyah bi Syarh Al-Lamiyyah" karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah.

وله كتب كثيرة تحت العمل والتجهيز، وله مجموع فتاوى أيضًا تحت العمل والترتيب.

Dia memiliki banyak buku yang sedang dalam proses penulisan dan persiapan, serta kumpulan fatwa yang sedang dalam proses penulisan dan penyusunan.

وله مصنفات مهمة تحت العمل، وهي الجامع الصحيح في الفقه الشرعي، ومنحة المنان الكريم بتفسير القرآن العظيم، وشرح عقيدة أهل السنة الأخيار بدراسة أحاديث المختار.

Dia juga sedang menulis beberapa karya penting, seperti kitab al-Jami' al-Sahih dalam ilmu fiqih, kitab al-Manhaj al-Karim fi Tafsir al-Quran al-Azim, dan kitab Sharh 'Aqidah Ahl al-Sunnah al-Akhyar dengan mempelajari hadis yang terpilih.

وبعد خروجه من دماج صار له دار للعلوم الشرعية في محافظة (إب) من بلاد اليمن، تسمى (دار الحديث السلفية بإب) يقيم فيها الدروس العلمية في العقيدة والتوحيد والتفسير والحديث وسائر الفنون، وقد أقبل الله بفضله جل وعلا بقلوب الناس على هذه الدار؛ فتوافد عدد كبير من طلاب العلم على الشيخ للاستفادة من علومه.

Setelah keluar dari Dammaj, dia mendirikan sebuah lembaga ilmu syar'i di Provinsi (Ibb) di Yaman, yang dikenal sebagai "Dar al-Hadith al-Salafiyyah di Ibb", tempat dia memberikan pengajaran dalam ilmu akidah, tauhid, tafsir, hadis, dan berbagai disiplin ilmu lainnya. Allah Subhanahu wa Ta'ala memberkati lembaga ini dan membuat hati orang-orang tertarik kepadanya sehingga banyak mahasiswa ilmu datang kepadanya untuk mendapatkan manfaat dari pengetahuannya.

وقد عرف عن الشيخ حفظه الله أنه يكره التعصب ولا يحب أن يتعصب له، ولا لغيره، ودائمًا يربي طلابه على اتباع الحق بدليله وترك التعصب والتقليد، والجدال والمراء.

Dikenal dari Sheikh, semoga Allah menjaganya, bahwa ia membenci fanatisme (ta'ashub) dan tidak suka jika orang menjadi fanatik terhadapnya atau terhadap orang lain. Dia selalu mendidik murid-muridnya untuk mengikuti kebenaran dengan bukti dan meninggalkan fanatisme (ta'ashub), taqlid, perdebatan, dan pertengkaran.

نسأل الله المنان الحي القيوم: أن يحفظ الشيخ وأن يبارك في كتبه وفتاواه وعلومه وداره وطلابه، وأن يصرف عنه وعن داره كل سوء ومكروه.

Kami memohon kepada Allah Yang Maha Pemberi Karunia, Yang Hidup dan Terus Menerus: untuk menjaga Sheikh dan memberkahi buku-bukunya, fatwa-fatawanya, ilmunya, rumahnya, dan murid-muridnya, dan untuk melindunginya dan rumahnya dari segala kejahatan dan bencana.

كتبه أخوه وصاحبه/ أبو خالد سرور بن أحمد الوادعي.
يوم السبت الموافق ٣/ جمادى الآخرة/ ١٤٤٢ من الهجرة النبوية على صاحبها الصلاة والسلام.

Buku ini ditulis oleh saudaranya dan temannya / Abu Khaled Surur bin Ahmad Al-Wadi'i.
Pada hari Sabtu, 3 Jumadil Akhirah 1442 Hijriyah, semoga shalawat dan salam senantiasa terlimpahkan kepada Nabi Muhammad.

Terjemah bebas dari https://t.me/ibnhezam/20

https://ibnuhizam.blogspot.com/2023/04/pengenalan-singkat.html


TRENDING